1. Mendengarkan
Memahami
makna dalam percakapan transksional dan interpersonal sangat sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
KOMPETENSI
DASAR :
1.1
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan
tindak tutur: mmeminta, memberi, dan menolak jasa serta mengakui,
mengingkari fakta.
|
INDIKATOR :
1.
Merespon ungkapan mengakui,
mengingkari fakta.
2.
Merespon ungkapan meminta,
memberi dan menolak jasa.
|
Jenis
Percakapan : Percakapan
transaksional dan interpersonal
Aspek/Skill :
Mendengarkan
Alokasi waktu : 5 X 40 menit
A.
§ Pembelajaran
1
· Siswa mampu merespon ungkapan,
meminta,memberi dan menolak jasasecara akurat, lancar dan berterima,.
· Siswa
mampu merespon ungkapan, meminta,memberi dan menolak barang secara akurat,
lancar dan berterima,.
·
Menulis teks essay dalam bentuk
descriptive
§ Pembelajaran
2
· Siswa mampu merespon ungkapan mengakui dan
mengingkari fakta secara akurat lancar dan berterima
· Siswa
terbiasa dan mampu merespon ungkapan meminta, dan memberi pendapat secara
akurat, lancar, dan berterima.
·
|
B.
Ø Kalimat Acak
Ø Stuckture
·
Simple Present Tense
·
Adjectives
·
Comparatives (-er), Superlatives
(-est), and the specific form of comparatives and superlatives.
Ø Teks Rumpang
berbentuk
·
Descriptive
Ø Percakapan singkat
memuat ungkapan ungkapan:
·
I was sick
·
I see
·
You are welcome
·
Yes, excellent.
|
C. TEKNIK/METODE
Three – phase technique, communicative approach
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Pembelajaran
1
Greetings
(Salalam dan sapa)
|
Checking
Attendance (Memeriksa kehadiran)
|
Praying
(berdo’a)
|
Lead
in
|
1. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentangbebagai hal terkaittema/topic teks
functional yang akan dibahas.
2. Review
kosakata dan bahasa terkait tema/teks yang akan dibahas
3. Menulis
kalimat yang mendeskripsikan benda, tempat, orang atau binatang berdasarkan
gambar/ realita.
4. Memperbaiki
dan melengkapi kalimat rumpang dengan tepat dan benar.
5. Menyusun
kalimat acak menjadi teks descriptive terpadu.
|
Menanyakan
kesulitan siswa selama PBM
|
Menyimpulkan
Materi
|
Do’a Penutup
|
Pembelajaran 2
Greeting (Tegur Salam)
|
Checking Attendance List
(Memeriksa Kehadiran)
|
Praying (Berdo’a)
|
Lead
in
|
1.
Menyimak contoh percakapan
transaksional intrepersonal pendek sederhana tentang mengakui dan mengingkari
fakta
2.
Menyimaks truktur kalimat, bunyi
dan intonasi, kosa kata, dan situasi pemakaian percakapan tersebut.
3.
Membahas kosa kata yang digunakan
di dalam teks
4.
Melengkapi dialog yang berkaitan
dengan materi
5.
Membuat percakapan berisi
ungkapan tentang mengakui dan mengingkari fakta
|
Menanyakan kesulitan siswa selama
PBM
|
Menyinpulkan Materi
|
Memberi tugas lanjutan
|
Closing Pray (Doa Penutup)
|
E.
Ø Buku
teks yang relevan
Ø Skrip
Percakapan
Ø Gambar-gambar
/ Benda terkait
|
No
|
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Merespon
ungkapan meminta, memberi, dan menolak jasa
Merespon
ungkapan meminta, memberi, dan menolak barang
|
Tes
Lisan
Tes
Lisan
|
Merespon
secara lisan
|
Respon
the following statement
A:
can you explain why you were absent yesterday?
Q:
. . . . . . . . . . . . . . .
A:
I think it is a deer,!
Q:
. . . . . . . . . . . . .
Choose
the right response!
Q:
Let me help you!
|
F. PENILAIAN
1.
Teknik
2.
Bentuk
3.
Instrumen
A.
RUBRIK PENILAIAN SISWA
No.
|
Nama
Peserta didik
|
Aspek yang
dinilai/skor maksimal
|
Jumlah skor
|
|||
Merespon
ungkapan meminta, memberi, menolak jasa.
|
Merespon
ungkapan meminta, memberi, menolak barang.
|
Biasa dan
mampu
Menggunakan
Simple Present Tense.
|
Biasa dan
mampu
Menggunakan
Bentuk Possessive Pronoun.
|
|||
5
|
5
|
5
|
5
|
20
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
Guru Pamong,
……
…………………..
_______________________
j
|
Mengetahui; Kepala SMP Negeri 4 Mataram
_______________________
j
|
Mataram,…..,
………………..2008
Mahasiswa PPL,
….;……………………………………….
Kanom
NIM:
E1D 004 016
j
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar